7 TIPS CARA MERAWAT AYAM JAGO LANCURAN AGAR STAMINA, NAFAS, TENAGA KUAT DAN PRIMA

7 TIPS CARA MERAWAT AYAM JAGO LANCURAN AGAR STAMINA, NAFAS, TENAGA KUAT DAN PRIMA – Pada kesempatan kali ini kami akan mengupas sedikit tentang 7 tahapan bagaimana kita merawat ayam aduan yang akan menjadi jagoan kita saat berdiri di arena aduan ayam. Namun ada beberapa hal juga yang harus kalian ketahui sebelum kita merawat ayam aduan ini, seperti memilih jenis ayam yang tepat untuk menjadi jagoan di kemudian hari.

Ayam Bangkok Pukul Mati Super Istimewa

Di indonesia terdapat banyak komunitas ayam aduan yang menjamur dari sabang sampai merauke, yang dimana mereka memilik keahlian tersendiri dalam melatih dan merawat ayam mereka. Mereka juga tidak neko-neko dalam merawat ayam aduan mereka, dari pemilihan jenis ayam yang paling populer di kalangan nya (ayam bangkok, mangon, pakoy, pama, shamo dll), Asupan pakan sampai kenyamanan si ayam juga di perhatikan. Sudah jelas ayam aduan mereka terlihat sudah seperti atlit tim nasional yang siap meraih medali emas untuk tuannya.

Seperti yang admin singgung diatas, ada beberapa jenis aduan ayam yang siap dijadikan jagoan, ayam yang paling populer di kalangan pencinta aduan ayam ini ada ayam asal bangkok. Ayam ini memiliki performa yang luar biasa dalam arena aduan ayam. sehingga ramai masyarakat pencinta aduan ayam membudidayakan ayam tersbut dengan perkawinan silang antar ayam kampong khas indonesia, itu kenapa harga ayam asal thailand ini di bandrol dengan harga yang cukup spektakuler.

Nah, gak usah berbasa-basi lagi mari kita masuk ketopik pembahasanya. Adapun 7 tahapan merawat ayam aduan ini seperti :

1. PENYEDIAAN PAKAN

pakan merupakan hal penting yang utama yang penting bagi pertumbuhan dan perawatan ayam aduan. Pakan ini berfungsi seperti sumber energi bagi ayam aduan sehingga menghasilkan performa dan prilaku baik dalam arena aduan ayam.
takaran yang di berikan juga harus sesuai dan pas, contoh jika ayam aduan kalian memiliki bobot 3 – 4 kilogram maka harus disuguhkan sebanyak 200 – 300 gram dalam setiap pemberian pakan (bukan dalam sehari).
Selain bobot, kalian harus sesuaikan antara pakan untuk ayam yang masih kecil dengan pakan ayam yang sudah dewasa. Kalau misalnya untuk dijadikan ayam aduan biasanya pakan ditambah dengan jagung yang masih utuh guna untuk melatih paruh ayam agar menjadi kokoh.
Selain ayam aduan diberikan pakan, ayam aduan ini harus diberi suplemen dan vitamin. Pemberian suplemen dan vitamin paling bagus adalah pada malam hari. Di malam hari biasanya ayam dalam kondisi tenang sehingga vitamin dan suplemen tadi mudah dicerna oleh ayam aduan ini.

2. SELALU DIMANDIKAN

Pertama-tama tenangkan ayam aduan nya, lalu basuhlah kepalanya menggunakan spons yang sudah dibasahi.
Setelah itu basuh secara perlahan dari leher sampai bagian bawah mdengan handuk kering, agar tidak mempengaruhi warna bulu yang di karenakan kandungan air.
Pada daerah kloaka juga harus benar-benar bersih karena bagian ini yang kerap kotor.
Pada bagian ketiak, kaki juga harus di bersihkan.
Tidak lupa juga di bagian dubur yang harus di bersihkan.
Bagian punggung jangan terlalu sering dimandikan agar mencegah bulu di bagian tersbut tidak mudah kusut.
handuk juga harus dalam keadaan bersih dan higienis dan punya daya serap yang kuat agar ayam aduan kita tidak menyimpan air pada bulu nya.

3. PENJEMURAN

Penjemuran setelah mandi ini di lakukan agar membentuk tulang pada ayam aduan kita.
Waktu yang paling tepat dalam penjemuran ayam aduan ini sekitar pukul 08.00 – 09.00.
Jangan gunakan wadah atau ember untuk menjemur si ayam aduan karena tidak baik untuk struktur permbutuhan tulang kaki.
Sinar ultra violet pagi pagi hari ini bermanfaat bagi pertumbuhan stamina yang lebih baik dan juga menghilangkan lemak pada tubuh ayam aduan.
Penjemuran ini sebaiknya di perhatikan jika ayam aduan kalian, jika ayam aduan masih terbilang muda sebaiknya penjemuran di lanjutkan dikeesokan harinya.

4. UMBARAN

Sering kita lihat ayam sangat suka berjemur sambil mandi tanah / pasir, salah satu manfaat ayam diumbar ialah untuk melemaskan otot-otot melalui koreh / mandi pasir tersebut, setidaknya minimal 30 menit setiap hari ayam harus diumbar.

5. LATIHAN FISIK

Latihan fisik meliputi berbagai macam, yang paling populer diantaranya meliputi kliter, renang, senam, barbel. Menurut saya, latihan fisik terbaik untuk ayam bangkok ialah kliter, yakni dengan meletakkan dalam ranggap ayam betina, maka dengan sendirinya ayam jago akan muter-muter mengitari ayam betina tersebut, dengan begitu ayam jantan terus berlari dan semakin menjaga staminanya.

6. NUTRISI TAMBAHAN

Nutrisi tambahan yang paling disarankan untuk ayam bangkok setelah mandi, jemur, umbar, fisik maka ayam diwajibkan memperoleh nutrisi tambahan seperti tomat, sakatonik liver, sangobion cair, atau multivitamin untuk manusia dengan dosis setengahnya dari dosis manusia. Dan itupun tidak dilakukan setiap hari, idealnya seminggu 2x.

7. ISTIRAHAT

Ayam aduan juga perlu istirahat layaknya manusia pada umumnya, setelah melewati proses panjang latihan, mandi, jemur dll maka hal terpenting lainnya ialah istirahat. Ada kalanya dalam 1 hari penuh ayam hanya diumbar sebentar atau hanya dikurung. Hal tersebut dilakukan agar ayam bisa menyimpan tenaga sebelum diabar / diadu.

Begitulah beberapa tahapan dalam merawat ayam aduan agar tetap prima, jika kalian tidak punya ayam aduan untuk bertarung, kalian tidak perlu khawatir karena di kompak.net kami bisa membantu memberikan apa yang anda mau…

Kompak.net menjual ayam aduan dari berbagai jenis dan umur 1 2 3 4 5 6 7 8 bulan, lancuran, ayam rawatan, siap adu, ayam sudah menang, baik untuk kontes maupun pro dan undangan dengan jenis seperti ayam bangkok, birma, mangon, pakoy, mathai, birkok, khoythai, pamagon dll silahkan hubungi kami untuk info pemesanan dll.
Peternakan ayam bangkok, mangon, pama, pakhoy, koytrad dari Kompak Purwokerto menjual aneka jenis ayam aduan mulai dari umur 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan, 6 bulan, lancuran, ayam siap rawat, ayam siap adu, maupun ayam spesial untuk kontes papaji, ppkan, dan untuk pro dan undangan.